Thursday, August 27, 2015

[ Wedding Preparation ] Venue Oh Venue Part 1 : Gedung Pandansari, Cibubur



Why is this feeling still bothering me? It’s been more than a year. But I feel like I won’t be ready for this, forever. Why am I being too sentimental about it? It is just a building, a venue for my wedding. Yeah I have failed to get married there once. Is it the fear of failed for the second time that frightened me? Or is it just me being too “lebay”? Can i face the fact that any venue I picked won’t effect my marriage whatsoever?

Kenapa ya sulit sekali merelakan yang satu ini? Apa mungkin karena venue ini saya lah yang booking dari awal? Saya yang menelepon pengelolanya langsung, saya yang cek gedungnya langsung sampai terakhir H-1 saya yang berniat ambil uang sisa yang bisa dibalikin setelah dibatalin?
 
Berjalan dalam iringan pengantin di dalamnya (pas nikahan (calon) adik ipar) pun sudah pernah saya jalani. Kenapa memutuskan menggelar resepsi disana (lagi) jadi beban yang begitu berat ya? Ya ampun, kayanya bener deh saya Cuma lebay dan overly sensitif aja. Nyatanya resepsi tidak akan ada korelasinya dengan kelanggengan rumah tangga kan?  Yang penting menjalani semuanya dengan sepenuh hati, insya Allah langgeng sampe maut memisahkan. Aamiin.

Mungkin ada yang belom tau tragedi cerita yang terjadi sebelumnya dalam hidup saya. Hehehe.. oke deh saya cerita. Singkat aja ya. Here we go...

saya pernah batal menikah.

Udah itu aja. Singkat banget kan? Haha.. ngeselin :p Ya tapi memang kenyataannya begitu. Tidak banyak yang bisa saya bagi di sini soalnya. Karena menjaga nama baik keluarga. Baik keluarga saya dan keluarga Mr.X. Pada intinya tahun lalu saya pernah berencana menikah dengan seorang laki-laki (sebut saja Mr.X) tapi karena satu dan lainnya akhirnya saya putuskan untuk membatalkan. Jadi saya harus membatalkan juga semua hal tentang pernikahan itu termasuk soal venuenya. Naaaah.. kenapa beberapa paragraf diatas terasa sangat galau adalah karena ada kemungkinan saya akan memakai gedung yang sama di acara resepsi saya yang insya Allah di akhir tahun ini. 
 
foto fasade gedung ini diambil menggunakan kamera BB jadul, jadi maaf y kualitasnya menyedihkan >.<
BTW, gedung apa sih yang saya bicarakan ini? Namanya Gedung Pandansari, letaknya Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur. Kalau ada yang tinggal di sekitar Depok dan Cibubur pasti sering banget kondangan disini. Aksesnya memang mudah ya dari toll. Ruangannya sendiri sangat luas, menurut vendor catering ku bisa menampung sampai 2000 orang. Ini jadi bahan pertimbangan yang sangat penting buat saya dan mas.

peta warna mint cute ini buatan graphic designer sahabat saya eka perdana
Tunggu, apaaa? 2000 orang? Ajegile! Yep! We are about to gather 2000 people on my wedding day. Kenafaaaa? Ya tentunya karena faktor keluarga kami yang sama – sama besar dan relasi orang tua kami yang buanyak. Berikut ini beberapa foto gedungnya waktu saya datang kesana buat survey di tahun 2014. Kebetulan sedang ada wedding party juga disana.

kalau tidak salah catering yang sedang perform ini namanya Wulandari
Dari segi bangunan sendiri, menurut saya sudah perlu di upgrade. Keramik sudah kusam dan kurang menarik. Dinding - dindingnya yang dihiasi ornamen kain tradisional juga terkesan "jadul" banget. Tapi kalau soal tinggi plafon, Pandansari cukup bagus, kesan megahnya dapet banget. 


Beberapa catering rekanan Gedung Pandansari yang saya tahu adalah Tidar's, Manna Catering, Hj. Tini, Wulandari dan Mitra Wangi. Waktu adiknya si mas menikah disini mereka pakai catering Mitra Wangi.Oia masukan dari Bu Agusniar pemilik Manna Catering untuk tamu sebanyak 2000 orang sebaiknya tambah tenda di bagian depan gedung supaya tidak terlalu crowded di dalam gedungnya. Contohnya bisa dilihat disini. Tambah tenda = tambah budget. Aduh, bikin galau.

Sayangnya update terakhir yang saya terima untuk bulan Desember 2015 ini hari-hari weekend di gedung ini sudah penuh. Jadi gedung ini saya coret dari daftar list venue saya. Oia untuk harga sewanya saat saya survey tahun 2014 masih Rp 10.000.000 sedangkan harga di tahun ini naik 25%. Cukup fantastis kenaikannya, mengingat tidak ada perubahan atau fasilitas yang meningkat dari tahun sebelumnya. Satu hal lagi yang saya kurang suka, pengelolanya sangat tidak ramah. Untuk book tanggal bisa via telepon selama tanggal kita tidak diinginkan orang lain DP 50% bisa dilakukan mendekati hari H dan pelunasannya maksimal di H-7.

Pengalaman saya membooking gedung ini, DP bisa kembali asalkan tanggal yang kita inginkan ada yang akan memakai. Namun apabila tidak ada yang akan memakai DP bisa dipastikan hangus, seperti yang saya alami tahun lalu karena saya melakukan pembatalan gedungnya 1,5 bulan sebelum hari-H.

ini pricelist terakhir yang saya save sari facebook page officialnya

Nama Gedung : Gedung Pandan Sari

Alamat            : Taman Bunga Wiladatika, Cibubur
No. Telpon      : 8731859

Website           : http://www.tamanrekreasiwiladatika.com/



7 comments:

Kristian Putra Juni Nur Aji said...

DP minimalnya brp sis?

Kristian Putra Juni Nur Aji said...

DP minimalnya brp sis?

Anin Exxo said...

dear kristian putra,
mohon maaf baru membalas. untuk DP sebesar 50%. non-refundable ya.. tapi kalau saya boleh saran DPnya mendekati hari-H saja. menghindari kemungkinan kejadian seperti yang saya alami. tapi mudah2an cukup saya saja ya yang mengalami.. :D

atau kalaupun mau ada pembatalan gedung sebaiknya diatas 2 bulan. karena pada dasarnya kalau kita membatalkan, DP bisa dikembalikan hanya jika ada orang lain yang mau menggunakan gedung tersebut di hari dan waktu yang kita inginkan.

goodluck for your wedding.

athfal prayuda said...
This comment has been removed by the author.
athfal prayuda said...

Untuk waktu pemesanan gedung minimal berapa bulan sebelum hari H sis? dan tlg info paket untuk 500/1000 undangan di pandansari.tlg di info ke athfal507@gmail.com

Anindita Khrisna Murti said...

Siang mas Athfal prayuda,
Kalau saya boleh saran, pemesanan gedung sebaiknya yang kamu lakukan pertama kali ketika kamu sudah mendapatkan tanggal pernikahan kamu. kenapa? karena tanggal ini yang menentukan semuanya, undangan, catering, souvenir dll. paling aman pemesanan gedung adalah 6 bulan sebelum acara. Bahkan untuk gedung - gedung yang most wanted malah bisa mencapai 8 bulan - 1 tahun sudah penuh book nya. contohnya gedung pertanian atau gedung aneka tambang.

Untuk info paket di gedung ini mohon maaf saya tidak bisa memberikan mas athfal. karena tiap catering pasti menawarkan harga yang berbeda. Sebaiknya mas athfal menghubungi dulu pengelola gedungnya ya. Nanti pengelola gedungnya akan menginformasikan vendor2 catering apa saja yang ada disana.

have a nice day!

Putri Chairunnisa said...

mba kalau gak bisa hubungi telpon yang tertera, kita bisa langsung datang ke lokasi untuk bertemu pengelolanya?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...